Manfaat Ikan Keperas Untuk kesehatan

Manfaat Ikan Keperas Untuk kesehatan
=========================================





Ikan Keperas adalah jenis ikan air tawar yang bisa di buat obat seperti Obat Titan Gel dan masih berkerabat dengan ikan Mas. Ikan ini memiliki nama latin Anematichthys Apogon. Ikan ini banyak ditemui di perairan Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Malaysia. Keperas memiliki banyak julukan nama, antara lain: Ikan Apogon, Siban, Seren, Sipaku, dan Biung. Ikan ini memiliki rasa yang lezat. Cocok untuk disantap dengan cara dibakar karena bentuk tubuhnya yang agak tipis sehingga bumbu ikan bakarnya mudah meresap.

Ikan Keperas suka hidup di perairan yang tenang dan mengalir lambat. Artinya dia senang hidup di sungai dan danau yang dalam, sehingga riaknya tak berasa. Ikan ini memiliki kandungan gizi yang kompleks. Proteinnya mencapai 20%/100 gram. Sedangkan kalorinya bisa mencapai 300 Kkal per kilonya. Selain itu, Keperas juga mengandung manfaat sebagai berikut:





1. Mencegah Gejala Anemia

Kandungan zat besi yang terdapat pada ikan keperas sangat baik untuk mencegah terkena anemia atau kurang darah. Pada umumnya penderita penyakit ini merasakan gejala seperti pusing, mual, tubuh terasa lemas, lelah dan letih, serta rentan terserang berbagai macam penyakit. Dengan mengkonsumsi ikan keperas, maka anda dapat mengurangi dampak terserang anemia tersebut.
2. Mudah Didapat

Ikan keperas mudah didapat karena ikan ini menghuni sungai-sungai kecil dan besar, kanal, parit, waduk, dan danau. Pada umumnya ada di perairan dengan air tenang atau yang mengalir lambat.
3. Sumber Energi

Mengonsumsi ikan keperas merupakan salah satu sumber enegi untuk tubuh anda. Di dalam daging keperas terdapat kandungan kalori yang cukup tinggi, selain itu ditambah dengan adanya kandungan protein, sehingga dapat menjadi tenaga untuk melakukan berbagai macam kegiatan.
4. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung berperan memompa darah yang ada di dalam tubuh kita. Dengan teratur memakan ikan keperas karena banyak gizi serta nutrisi didalamnya, maka dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan juga dapat mengoptimalkan fungsinya, sehingga dapat memperkecil resiko terkena berbagai macam gangguan pada organ tersebut.
5. Mencegah Obesitas

Obesitas itu adalah kelebihan berat badan, disebabkan bisa karena kebanyakan makan atau terlalu sering menyantap makanan yang kadar kolesterolnya tinggi. Tetapi jangan khawatir kalau mengonsumsi ikan keperas ini terlalu sering, hal tersebut membuatnya tidak akan menumpuk di tubuh anda alias tidak menyebabkan gendut. Sebab kandungan lemak dalam daging keperas merupakan lemak tak jenuh.
6. Membantu Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh sangat penting bagi kesehatan tubuh anda, yang merupakan seluruh rangkaian reaksi kimia yang berlangsung di dalam sel makhluk hidup. Khasiat dari ikan keperas juga memiliki peran sangat penting untuk meningkatkan metabolisme.
7. Manfaat Ikan Keperas untuk Menjaga Kekuatan Tulang

Untuk yang sudah menginjak umur lanjut usia, dengan mengonsumsi ikan keperas bisa membantu memperkuat struktur tulang anda agar tidak mudah keropos serta mencegah osteoporosis. Selain itu, bagi masa pertumbuhan juga sangat baik berperan membantu menambah tinggi badan.
8. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A yang terkandung dalam ikan keperas dapat bermanfaat menjaga kesehatan mata anda, serta mencegah munculnya berbagai gangguan pada mata, seperti rabun, belek, minus dan katarak. Selain itu juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah sakit.
9. Mengobati Kolesterol Tinggi

Karena banyak tumpukan lemak jahat di dalam tubuh maka anda akan terserang kolesterol tinggi. Namun apabila rajin mengonsumsi ikan keperas, dapat bermanfaat menyeimbangkan antara lemak baik dan jahat, sehingga dapat membantu mengobatinya.
10. Melancarkan Sirkulasi Darah

Manfaat memakan ikan keperas secara rutin tentu saja dapat membantu memperlancar peradaran darah, karena didalamnya terkandung zat besi yang kadarnya cukup tinggi. Kalau lancar maka hal akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan semua organ tidak akan kekurangan pasokan darah. Selain itu juga berkhasiat, mencegah penyumbatan pembuluh darah dan juga stroke.

Komentar